LPMP Maluku Utara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019

Tidore. Menindaklanjuti surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 109497/MPK.E/TU/2019 Tanggal 24 September 2019 tentang penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Maluku Utara, pada hari Selasa tanggal 1 Oktober 2019, pukul 08.00 WIT melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019.

Bertempat di halaman depan gedung utama LPMP Maluku Utara,  Kepala LPMP Maluku Utara Drs. Laode Safihu, M.Pd,  bertindak sebagai Pembina Upacara pada peringatan tersebut. “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Makmur dan Bahagia”, menjadi tema peringatan hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019.

Prosesi upacara diawali dengan penjemputan dan laporan kepada Pembina Upacara oleh Kepala Sub Bagian Umum LPMP Maluku Utara Erwin Umasugi,ST sebelum Pembina Upacara diarahkan memasuki lapangan upacara.  Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Pemimpin Upacara – Abd. Kahar Sudin – sesaat setelah Pembina Upacara berada di lapangan upacara. Selanjutnya Pemimpin Upacara melaporkan kesiapan pelaksanaan upacara kepada Pembina Upacara.

Dari sudut lapangan, ayunan langkah petugas pengibar bendera – Suryati Kamarudin, Wahid Kapita dan Tamsil Sadek – memasuki area upacara. Berseragam putih-putih serta hentakkan langkah serasi di lantai area upacara memberi kesan harmoni. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara dengan conductor/diregen – Rofiqoh Naimatun menambah khidmatnya suasana   peringatan pagi tadi. Usai Pengibaran bendera dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan Teks Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara. Selanjutnya Naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dibacakan oleh Salim Faozan.  Dilanjukan dengan pembacaan Naskah Ikrar oleh Pembina Upacara yang diikuti seluruh peserta upacara.

Sebelum Pemimpin Upacara menyampaikan penghormatan umum dan laporan berakhirnya pelaksanaan upacara kepada Pembina Upacara, pembacaan Naskah do’a disampaikan Buksi Lumbessy, SP.d., M.Pd melengkapi urutan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019.

Walaupun dengan persiapan cukup singkat, upacara terlaksana dengan hidmat dan tertib, para petugas upacara  mulai Master Of Ceremony (MC), Pimpinan Upacara, Pembaca Teks UUD 1945, Pembaca Teks Ikrar dan lainnya yang telah ditugaskan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik sehingga upacara berjalan dengan sukses

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 di LPMP  Maluku Utara pagi tadi diikuti oleh pejabat struktural/ fungsional para pegawai, pramubakti/ honorer dilingkungan LPMP Maluku Utara serta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Kantor Bahasa Maluku Utara dan Balai Pelestaraian Cagar Budaya Maluku Utara yang sedang melakukan tugas magang di LPMP Maluku Utara. (Rid-SI)

 113 views

Scroll to Top