SEKSI SI MELAKSANAKAN KEGIATAN FINALISASI DATA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN TAHUN 2019

Ternate – Ketika Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS) meramu rekomendasi hasil pemetaan mutu dan meramu rekomendasi hasil supervise terhadap satuan pendidikan hasilnya berbeda, tetapi dua hal ini berbeda wajar saya bilang itu rasional bisa kita pertanggungjawabkan karena peta mutu itu diisi oleh sekolah tetapi supervise kita datangi langsung ke sekolah melihat apakah data yang diisi oleh sekolah itu sesuai dengan kondisi objektif di sekolah atau tidak. Hal ini disampaikan kepala seksi PMS Hasanudin Fokatea, SE., M.Si., yang mewakili kepala LPMP Maluku Utara dalam pembukaan kegiatan Finalisasi Data Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2019 di Grand Dafam Hotel. (11/12)

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 11 sd 13 Desember 2019 ini dihadiri kepala seksi PMS, kepala seksi Sistem Informasi Aljamri, S.Pd, M.Si. (sebagai penanggungjawab kegiatan), Narasumber kegiatan, serta peserta pelaksana kegiatan yang terdiri dari perwakilan seksi/subag umum yang memahami business process.

Dalam sambutannya kasi PMS Berharap agar seksi SI melakukan kroscek kembali melalui validasi untuk membuktikan dan memastikan bahwa hasil raport mutu yang ada disekolah itu memang betul-betul valid kemudian dari hasil itu kita melalukan sinkronisasi dengan kegiatan yang telah dilakukakn oleh seksi FPMP.

Untuk diketahui, “dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya LPMP melaksanakan kegiatan Finalisasi Data PMP yang merupakan workshop  untuk mengumpulkan, memverifikasi, mengelola, merekapitulasi serta merampungkan pekerjaan penghimpunan data mutu pendidikan di level daerah di wilayah provinsi Maluku Utara”, ujar kasi SI.

Kasi SI juga mengatakan, LPMP Provinsi Maluku Utara melakukan pengumpulan data dengan dua cara yaitu pengumpulan data secara langsung dan tak langsung. Untuk pengumpulan data secara langsung, LPMP menarik data yang suda siap pakai melalui aplikasi-aplikasi di web resmi yang terintegrasi dalam seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan semisal data PPG, data mutu PMP, DAPODIK, dll.

“Sedangkan untuk penghimpunan data secara tidak langsung, LPMP mengumpulkan data dari hasil (output) kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh LPMP bersama mitra kerjanya di daerah seperti dengan pihak dinas pendidikan kabupaten/kota, pihak cabang dinas kab/kota serta dengan sekolah-sekolah yang ada dalam wilayah provinsi Maluku Utara” lanjut Kasi SI

Diakhir penjelasannya kasi SI mengatakan, tujuan kegiatan Finalisasi Data PMP tahun 2019 adalah: Menghimpun data bahan penyusunan Profil Mutu Pendidikan Dikdasmen Provinsi Maluku Utara; Menuntaskan data yang sudah terhimpun sebagai bahan penyusunan Profil Mutu Pendidikan Dikdasmen Provinsi Maluku Utara; serta Menyusun dokumen Profil Mutu Pendidikan Dikdasmen Provinsi Maluku Utara.

 118 views

Scroll to Top