COVID-19 ASRAMA LPMP MALUKU UTARA JADI WISMA SINGGAH

Tidore. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendukung penuh penanganan dan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia. “Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Maluku Utara (LPMP Malut) ikut berperan aktif dalam mendukung penanganan penyebaran virus COVID-19” – demikian disampaikan Kepala LPMP Malut Drs. La Ode Safihu, M.Pd saat dikonfirmasi tim media via telpon seluler.

Lebih lanjut La Ode menyampaikan “yang dilakukan LPMP Maluku Utara dalam rangka penangan Covid-19 saat ini adalah semangat solidaritas dan gotong royong yang diwujudkan melalui penyediaan asrama yang ada di LPMP Maluku Utara untuk menjadi wisma singgah dan atau penginapan bagi petugas keamanan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Instansi vertikal lainnya yang ada di Kota Tidore Kepulauan. Apa yang dilakukan LPMP ini sekaligus merupakan respon dukungan atas Surat Edaran Walikota Tidore Kepulauan Nomor 140/356/01/2020 tentang Penutupan Sementara Kota Tidore Kepulauan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 di Kota Tidore Kepulauan. Selain itu – lanjut La Ode, penggunaan asrama LPMP Malut untuk menindaklanjuti keterangan tertulis Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Plt Dirjen PAUD Dikdasmen) – Hamid Muhammad, dalam keterangan tertulisnya disampaiakn – “……salah satu bentuk dukungan Kemendikbud untuk pemda dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita tunjukkan semangat solidaritas dan gotong royong bangsa Indonesia sesuai arahan Bapak Presiden dan Mendikbud (Selasa, 28/4/2020)”. Sebelumnya, lanjut La Ode, mengutip himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam himbauannya menyampaikan “…agar UPT Kemendikbud di daerah dapat mempersiapkan asrama yang biasanya digunakan untuk memfasilitasi peserta pelatihan agar dapat dialihfungsikan sementara menjadi wisma singgah yang mendukung pencegahan penyebaran serta penangan Covid-19. Dengan adanya kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat akibat virus Covid-19, maka sebagian besar kegiatan pelatihan yang dilakukan UPT Kemendikbud beralih menggunakan moda dalam jaringan (daring) atau online”. Dengan demikian, lanjut La Ode – karena untuk sementara belum adanya aktifitas pelatihan terhadap tenaga pendidik dan kependidikan di LPMP Malut yang sebagaimana biasanya dilakukan, maka kekosongan ini digunakan untuk hal positif lainnya. Salah satunya pengalihfungsian sementara fasilitas asrama LPMP Malut sebagai bentuk partisipasi dengan pemerintah daerah.

Ditempat terpisah, Kepala Sub bagian Umum (Kasubag Umum) – Erwin Umasugi, ST – saat dikonfirmasi mengatakan “ Asrama yang dipersiapkan LPMP Malut memang secara khusus untuk petugas keamanan seperti TNI/ Polri dan Satpol PP, Karyawan/ karyawati BUMN dan instansi vertikal. Penyediaan fasilitas ini sebagai dukungan terhadap pemda yang untuk sementara membatasi akses masuk keluar dalam wilayah Kota Tidore Kepulauan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Konsekuensinya, lanjut Erwin – Penutupan akses masuk dan keluar berdasarkan Edaran Walikota Tidore Kepulauan yang mulai diberlakukan tanggal 14 Mei sd. 27 Mei 2020, para petugas keamanan, BUMN dan instansi vertikal yang tinggal di luar wilayah Kota Tidore seperti Kota Ternate dan sekitarnya namun aktifitas kesehariannya (kantor) yang bersangkutan berada di Kota Tidore, maka perlu dipikirkan langkah solutif, Oleh karena itu Asrama LPMP Malut dengan dukungan fasilitas yang relatif lengkap serta berlokasi di Kota Tidore Kepulauan sehingga menjadi alternatif untuk digunakan”.

Selanjutnya, fasilitas LPMP Malut yang akan digunakan, menurut Erwin – terdiri dari “gedung asrama Dokuno dan asrama Halmahera dengan jumlah kamar sebanyak 38. Setiap kamar berisi 3 tempat tidur dilengkapi dengan AC dan Kamar Mandi, sehingga dari kedua asrama tersebut dapat menampung 114 orang”.

Lebih lanjut, Erwin menyampaikan “Penggunaan Asrama LPMP menjadi wisma singgah dan atau penginapan sementara diawali dengan pertemuan Kepala LPMP Maluku Utara dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan – Ismail Dokumalamo, mewakili Pemda Kota Tidore Kepulauan. Selanjutnya, pada kesempatan lain, Wakil Kepala Kepolisian Tidore Kepulauan – Kompol Alwan Aufat, telah melakukan kunjungan langsung ke asrama yang akan digunakan tersebut. Wakapolres dalam kunjungan yang didampingi oleh Kepala dan Kasubbag Umum LPMP Maluku Utara  memberikan apresiasi dan respek atas kerjasama ini serta sangat antusias dengan asrama dan fasilitas yang dianggap layak dan nyaman” .

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Scroll to Top