KEPALA LPMP MALUT BUKA KEGIATAN RAKOR HASIL VERVAL SARANA TIK ANBK MELALUI DARING TAHUN 2021

Tidore,LPMPMU – Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku Utara La Ode Safihu, mengikuti sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Hasil Verifikasi dan Validasi (VERVAL) Sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) melalui Daring. (29/05)

Kegiatan Rakor Hasil verval sarana TIK ANBK melalui Daring pada tanggal 29 Mei 2021 ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan Sosialisasi Verval Sarana TIK UNBK  yang dilaksanakan pada tanggal 24 sd 25 Mei 2021. Tujuan dari kegiatan ini  adalah Menyamakan Persepsi terkait Pelaksanaan Verval TIK ANBK maupun Hasil Verval TIK ANBK, serta mengetahui Hasil Pelaksanaan Verval Sarana TIK ANBK berupa status dan moda pelaksanaan AKM bagi satuan pendidikan yang telah dilakukan oleh unsur dinas pendidikan Kab/kota.

Dalam sambutannya La Ode menjelaskan bahwa, untuk menjamin Informasi dan Data Mutu yang akurat maka Pelaksanaan ANBK ini sangat tergantung pada kesiapan sarana TIK yang memadai. Untuk memastikan hal tersebut maka setiap sekolah yang hendak menyelenggarakan kegiatan Asesmen Nasional wajib melakukan proses perekaman data sarpras terkait TIK di Dapodik serta sudah menuntaskan pengiriman data melalui proses sinkronisasi.

Selanjutnya melakukan proses pembaruan data kesiapan TIK di laman yang sudah ditentukan dengan mengakses fitur VERVAL. Pembaruan data meliputi; ketersediaan lab komputer, jumlah komputer, ketersediaan sumber listrik, serta ketersedian jaringan internet dan kelengkapannya. Pembaharuan data ini kemudian diolah Pusdatin diklasifikasikan by Sistem sebagai kesiapan TIK satuan pendidikan berdasarkan hasil verval/pembaruan data kesiapan TIK yang dilakukan oleh satuan pendidikan. Ucap La Ode.

Ada empat klasifikasi kesiapan TIK pada tahap ini, yaitu: Siap, Potensial 1, Potensial2, dan Tidak Siap. Selanjutnya, status dan moda pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi satuan pendidikan di daerah dilakukan oleh dinas pendidikan kab/kota dengan mengakses fitur UBAH STATUS berdasarkan hasil verval/pembaruan data kesiapan TIK dari satuan pendidikan dan informasi klasifikasi kesiapan TIK. Maka dari hasil verval Dinas Pendidikan tersebut diperoleh status pelaksanaan dalam lima kategori; Mandiri, Mandiri dan ditumpangi, Menumpang, tidak menyelenggarakan serta belum menentukan, serta dikasifikasikannya satuan pendidikan berdasarkan moda pelaksanaan AKM, menjadi; AKM Online dan Semi Online. Lanjut La Ode

Diakhir sambutannya, La Ode menyampaikan bahwa, untuk memastikan informasi hasil pelaksanaan verval seluruh sekolah di kab/kota Provinsi Maluku Utara dapat diketahui dan diperoleh persamaan persepsi terkait pelaksanan Verval dan hasil verval TIK, maka LPMP Provinsi Maluku Utara melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Hasil verval sarana TIK ANBK melalui Daring, bersama pihak dinas pendidikan kab/kota, Cabang Dinas kab/kota, dan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara. Sehingga Informasi Hasil verval sarana TIK ( berupa status dan moda pelaksanaan AKM bagi satuan pendidikan) memberikan gambaran fakta yang sebenarnya dilapangan dan dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan ANBK.

Untuk diketahui hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah Diperoleh Kesepahaman Persepsi terkait Pelaksanaan Verval TIK ANBK maupun Hasil Verval TIK ANBK. Serta Diperoleh Hasil Pelaksanaan Verval Sarana TIK ANBK (berupa status dan moda pelaksanaan AKM bagi satuan pendidikan) yang telah dilakukan oleh unsur dinas pendidikan Kab/kota sehingga bisa segera ditindaklanjuti sesuai ketentuan. (Publikasi_SI)

 19 views

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Scroll to Top