Sejarah

Sejarah terbentuknya LPMP Maluku Utara

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku Utara terbentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Nomor 087/0/2003 Tanggal 4 Juli 2003 tentang Organisasi dan Tata kerja Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan. Berbeda dengan kebanyakan LPMP lain di tanah air yang pembentukanya merupakan revitalisasi dari Balai Pelatihan Guru (BPG).

LPMP Maluku Utara langsung terbentuk setelah diterbitkannya Keputusan Mendiknas Nomor 087 Tahun 2003 dan secara resmi melaksanakan kegiatan operasionalnya yaitu tugas pokok dan fungsi sebagai Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan pada tahun 2004. Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2015 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat satker/unit akuntansi yang mengalami perubahan identitas yang antara lain disebabkan oleh penggabungan atau pemecahan entitas di lingkungan kemdikbud, di mana LPMP Maluku Utara kini berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pada tahun 2004 s.d. tahun 2017, secara kelembagaan struktur LPMP Maluku Utara telah terbentuk dan dipimpin oleh Kepala LPMP yang pertama yaitu Achli A. Jasim, SP., MH. Setelah regulasi struktur kelembagaan, maka tahun 2017 pergantian Kepala LPMP Maluku Utara selanjutnya dipimpin oleh Drs. La Ode Safihu, M.Pd. Saat itu percepatan pembangunan sarana dan prasarana dilakukan secara bertahap. Sebelumnya pembangunan sarana dan prasarana dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Maluku Utara. LPMP Maluku Utara berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 11 (sebelas) hektar, terletak di Kelurahan Rum, Kota Tidore Kepulauan. Tanah tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Kini hampir 60% dari areal tanah tersebut telah dipergunakan untuk pembangunan dan pengembangan baik lingkungan maupun sarana dan prasarana yang cukup memenuhi standar fasilitas diklat. Lingkungan yang hijau dan rindang merupakan keunikan dan daya tarik tersendiri bagi peserta diklat.

Untuk mencapai LPMP Maluku Utara setiap orang dapat menggunakan speedboat dari Pelabuhan Bastiong Kota Ternate ke Pelabuhan Rum Tidore dengan waktu tempuh kurang lebih 7-10 menit.

Scroll to Top